Jenis Kontainer berikut ukuran dan kegunaannya

Artikel ini akan memberikan penjelasan lengkap tentang jenis-jenis kontainer dan kegunaannya dengan dilengkapi gambar serta ketersediaan ukurannya untuk mendapatkan deskripsi lebih jelas.
Petikemas (container) adalah satu kemasan yang dirancang secara khusus dengan ukuran tertentu, dapat dipakai berulang kali, dipergunakan untuk menyimpan dan sekaligus mengangkut muatan yang ada di dalamnya. Filosofi di balik Petikemas adalah membungkus atau membawa muatan dalam peti-peti yang sama dan membuat semua kendaraan dapat mengangkutnya sebagai satu kesatuan, baik kendaraan itu berupa Kapal laut, kereta api, truk, atau angkutan lainnya, dan dapat membawanya secara cepat, aman, dan efisien atau bila mungkin, dari pintu ke pintu (door to door).

17 Jenis-Jenis Kontainer dan Kegunaannya serta Gambarnya
Unit kontainer merupakan bagian yang paling integral dari seluruh industri pelayaran, perdagangan, dan transportasi. Kontainer pengiriman ini adalah suatu struktur yang menyimpan berbagai macam produk yang perlu dikirim dari satu bagian dunia ke bagian dunia yang lain. Bentuk kontainer akan melindungi isi untuk suatu perjalanan Panjang. Mereka dibuat untuk memastikan produk Anda datang dalam satu potong yang utuh.

Dengan demikian, container yang dibutuhkan akan tergantung pada jenis produk yang akan dikirim atau jasa khusus yang diperlukan dari mereka. Unit kontainer dapat bervariasi dalam dimensi, struktur, bahan, konstruksi dll.

Berbagai jenis kontainer pengiriman yang digunakan saat ini wajib memenuhi persyaratan dari semua jenis pengiriman kargo.

Berikut adalah jenis-jenis kontainer dan kegunaannya dengan dilengkapi gambar yang paling umum:

1. Dry Storage Container (17 Jenis-Jenis Kontainer dan Kegunaannya serta Gambarnya!)

Dry Container - 17 Jenis-Jenis Kontainer dan Kegunaannya serta Gambarnya

Jenis pertama dari jenis-jenis kontainer dan kegunaannya adalah General Purpose Container atau juga dikenal sebagai “Dry Storage Container“. Kontainer pengiriman jenis ini adalah yang paling umum digunakan.

Mereka datang dalam berbagai dimensi distandarisasi oleh ISO. Mereka digunakan untuk pengiriman bahan kering dan datang dalam ukuran 10 feet (ft), 20 ft, dan 40 ft.

Kontainer ini sepenuhnya tertutup, dilindungi dan tahan terhadap unsur-unsur cuaca, dengan atap, dinding samping dan lantai yang kaku. Kontainer “dry storage” sejauh ini merupakan jenis yang paling umum digunakan. Sehingga dengan demikian, container ini digunakan untuk memuat sebagian besar jenis kargo yang normal.

Selain itu, General Purpose Container  ini dapat memiliki adaptasi seperti liner-bags atau flexi-tank untuk pengiriman beberapa jenis kargo curah cair atau kargo curah kering.

2. Flat Rack Container

Flat Rack Container

Flat rack container ini memiliki sisi dilipat yang dapat dilipat untuk membuat rak datar. Dinding end cukup stabil untuk memungkinkan pengamanan kargo, sehingga mereka ideal untuk pengiriman barang-barang yang besar, seperti mesin-mesin berat, kendaraan di trek, gulungan besar dan bahan konstruksi. Beberapa 40 ft flat rak kontainer pengiriman cocok untuk membawa sebanyak 45 metrik ton kargo.

Jenis kedua dari jenis-jenis kontainer dan kegunaannya memiliki sisi yang dapat dilipat. Dengan sisi dilipat, ini adalah seperti penyimpanan kontainer pengiriman sederhana di mana sisi bisa dilipat sehingga membuat rak datar untuk pengiriman berbagai macam barang.

3. Open Top Container (17 Jenis-Jenis Kontainer dan Kegunaannya serta Gambarnya!)

Container-Open-Top

Jenis selanjutnya dari jenis-jenis kontainer dan kegunaannya adalah Open Top Container. Kontainer jenis ini memiliki atap convertible yang dapat benar-benar dihilangkan.

Kontainer ini cocok untuk kargo yang lebih-tinggi dan tidak dapat dengan mudah dimuat melalui pintu. Penggunaannya adalah untuk misalnya mesin tinggi atau / produk jadi lainnya berat besar. Cocok untuk barang-barang yang penanganan dan pemuatan hanya dapat dilakukan dengan derek atau bergulir jembatan.

Open Top Container memiliki cincin dipasang untuk rel sisi atas dan bawah dan sudut posting untuk mengamankan kargo, dan tersedia dalam 20 ft dan 40 ft.

Dengan atap convertible yang dapat benar-benar dibuka (tidak dipasang) untuk membuat bagian atas terbuka sehingga bahan tinggi apapun dapat dikirimkan dengan mudah.

4. Tunnel Container

tunnel Container

Jenis selanjutnya dari jenis-jenis kontainer dan kegunaannya adalah apa yang disebut dengan “Tunnel Container”. Unit kontainer jenis ini disediakan dengan pintu di kedua ujung container. Hal ini sangat berguna dalam pemuatan cepat dan muat bahan.

5. Open Side Storage Container (17 Jenis-Jenis Kontainer dan Kegunaannya serta Gambarnya!)

Container-Open-Side

Kontainer menyediakan pintu yang bisa berubah menjadi sisi benar-benar terbuka memberikan ruang yang lebih luas untuk memuat bahan.

Open Side Storage Container sangat mirip dengan kontainer pengiriman reguler, General Purpose Container, satu-satunya perbedaan adalah bahwa pintu dapat membuka sepenuhnya di samping juga. Fitur ini menyediakan ruang yang lebih luas dan akses, yang membuat bongkar muat bahan mudah.

Kontainer ini umumnya tersedia dalam 20 ft dan 40 ft , dan mereka memberikan ruang yang memadai untuk barang-barang ekstra besar yang tidak bisa masuk melalui pintu biasa. Open Side Storage Container merupakan jenis kelima dari jenis-jenis kontainer dan kegunaannya yang kita bahas.

6. Double Doors Container

Container-Double-Door

Dengan pintu di kedua ujung wadah pengiriman, jenis wadah ini juga dikenal sebagai “wadah terowongan”. kontainer pintu ganda sangat membantu untuk cepat bongkar muat barang, dan mereka membuat ruang yang lebih luas untuk barang-barang seperti baja dan besi.

Kontainer ini memiliki dua set pintu dengan penguncian yang sama perakitan dan cuaca segel ketat untuk menjaga kargo dilindungi dari unsur-unsur.

Mereka adalah jenis unit penyimpanan yang disediakan dengan dua pintu, membuat ruang lebih luas untuk bongkar muat bahan. bahan konstruksi termasuk baja, besi dll dalam ukuran standar dari 20ft dan 40ft.

7. Refrigerated ISO Container (17 Jenis-Jenis Kontainer dan Kegunaannya serta Gambarnya!)

Container-ISO

Selanjutnya adalah Refrigerated ISO Container (urutan ke-7 dari jenis-jenis kontainer dan kegunaannya ). Kontainer ini selalu memiliki suhu rendah dikontrol dengan hati-hati. Mereka secara eksklusif digunakan untuk pengiriman zat yang mudah rusak seperti buah-buahan dan sayuran jarak jauh.

Sebuah kontainer pengiriman ISO digunakan untuk pengiriman suhu sensitif, kargo yang mudah rusak seperti daging, buah-buahan dan sayuran.

Kontainer ini bergantung pada daya eksternal untuk menjaga suhu diatur. Kontainer ini umumnya tersedia dalam 20 ft dan 40 ft, dan biasanya terbuat dari baja yang dikenal sebagai “cor-ten steel”.

8. Insulated atau Thermal Containers

Container-Insulated

Kontainer yang tersedia dengan kontrol suhu yang dapat diatur. Hal ini memungkinkan mereka untuk mempertahankan temperature dalam ruangan. Kontainer ini terbuat dari bahan pilihan untuk memungkinkan memiliki waktu pakai yang panjang tanpa rusak oleh paparan konstan untuk suhu tinggi. Mereka yang paling cocok untuk transportasi jarak jauh dari produk.

Seperti kontainer ISO Reefer, wadah terisolasi atau termal memiliki kontrol suhu diatur yang memungkinkan mereka untuk menahan suhu yang lebih tinggi. Mereka dilengkapi dengan kepatuhan listrik (kompresor mekanik) untuk mendinginkan atau memanaskan udara dalam wadah. kontainer terisolasi biasanya dibangun dari tabung hampa udara, mirip dengan “termos” botol.

Dengan demikian, jenis kedelapan dari jenis-jenis kontainer dan kegunaannya ini paling cocok untuk transportasi jarak jauh dari produk seperti makanan, obat-obatan, organ, darah, bahan biologis dan kimia.

9. Tank Container (17 Jenis-Jenis Kontainer dan Kegunaannya serta Gambarnya!)

Container-Tank - jenis-jenis kontainer dan kegunaannya dengan dilengkapi gambar

Unit kontainer yang digunakan sebagian besar untuk transportasi bahan cair, mereka digunakan oleh sebagian besar seluruh industri pelayaran. Mereka sebagian besar terbuat dari baja kuat atau bahan anti korosif lainnya menyediakan mereka dengan umur panjang dan perlindungan terhadap material.

Kontainer tangka (“Tank Container”), atau kapal tanker, terbuat dari baja kuat atau bahan anti-korosif lainnya untuk transportasi dan lama hidup perlindungan bahan cair. Sebuah kontainer tangki harus minimal 80% penuh untuk mencegah lonjakan berbahaya cairan dalam perjalanan, tetapi juga harus tidak lebih dari 95% penuh atau tidak akan ada ruang yang cukup untuk ekspansi termal.

10. Cargo Storage Roll Container

Roll-Off-Containers

Cargo Storage Roll Container adalah  jenis selanjutnya dari daftar jenis-jenis kontainer dan kegunaannya kali ini. Cargo Storage Roll Container merupakan sebuah kontainer dilipat, ini adalah salah satu unit kontainer khusus dibuat untuk tujuan pengangkutan set atau tumpukan bahan.

Mereka terbuat dari tebal dan kuat wire mesh bersama dengan rol yang memungkinkan gerakan mudah mereka. Ketersediaan di berbagai kawat berwarna jerat membuat unit-unit kontainer pengiriman sedikit lebih ceria.

11. Half Height Container (17 Jenis-Jenis Kontainer dan Kegunaannya serta Gambarnya!)

Roll-Off-Containers

Jenis selanjutnya dari daftar jenis-jenis kontainer dan kegunaannya adalah kontainer setengah tinggi (Half Height Container). Sebagian besar terbuat dari baja, kontainer ini setengah tinggi kontainer berukuran penuh. Digunakan terutama untuk yang baik batubara seperti, batu dll yang perlu bongkar mudah muat.

Kontainer pengiriman setengah tinggi dirancang untuk mengangkut kargo curah yang berat dan padat. Ini adalah baik untuk mengangkut barang-barang seperti batu bara dan batu, sehingga mereka sempurna untuk digunakan dalam industri pertambangan.

Kontainer ini memiliki pusat gravitasi yang rendah sehingga mereka dapat lebih baik menangani beban lebih berat dari kontainer tinggi, membuat mereka fleksibel dan mereka cukup kuat untuk menahan lingkungan industri kasar. kontainer setengah tinggi juga mudah untuk bongkar muat.

12. Car Carrier Container

Jenis selanjutnya dari daftar jenis-jenis kontainer dan kegunaannya adalah Car Carrier Container. Kontainer ini dibuat khusus untuk pengiriman mobil jarak jauh. Mereka datang dengan sisi dilipat yang membantu mobil pas di dalam wadah tanpa risiko rusak atau bergeser dari tempat itu.

13. Intermediate Bulk Shift Containers (17 Jenis-Jenis Kontainer dan Kegunaannya serta Gambarnya!)

intermediate-bulk-container

Intermediate Bulk Shift Containers adalah pengiriman kontainer penyimpanan khusus dibuat semata-mata untuk tujuan pengiriman menengah barang.

Jenis ke-13 dari 17 jenis-jenis kontainer dan kegunaannya ini dirancang untuk menangani sejumlah besar bahan dan dibuat untuk tujuan bahan pengiriman ke tujuan mana mereka dapat lebih dikemas dan dikirim ke tempat akhir.

14. Drums Container

drums container

Seperti namanya, drum container (jenis-jenis kontainer dan kegunaannya), kontainer pengiriman berbentuk melingkar (spherical), terbuat dari pilihan bahan seperti baja, logam ringan, serat, plastik keras dll mereka yang paling cocok untuk transportasi massal bahan cair. Mereka lebih kecil dalam ukuran tetapi karena bentuknya, mungkin perlu ruang tambahan.

15. Special Purpose Container (17 Jenis-Jenis Kontainer dan Kegunaannya serta Gambarnya!)

Special-Purpose-Containers

Special Purpose Container, ini adalah unit kontainer, kustom dibuat untuk tujuan khusus. Sebagian besar, mereka digunakan untuk layanan profil tinggi seperti pengiriman senjata dan pembakaran. Dengan demikian, konstruksi dan komposisi bahan tergantung pada tujuan khusus yang mereka butuhkan untuk melayani. Tetapi pada kebanyakan kasus, keamanan tetap menjadi prioritas utama.

16. Swap Bodies

Container-Swap-Body - 17 Jenis-Jenis Kontainer dan Kegunaannya serta Gambarnya

Jenis selanjutnya dari jenis-jenis kontainer dan kegunaannya kita kali ini adalah Swap bodies. Mereka adalah jenis khusus dari kontainer yang digunakan sebagian besar di Eropa. Tidak dibuat sesuai dengan standar ISO, mereka tidak standar unit kontainer tetapi sangat berguna semua sama. Mereka disediakan dengan dasar yang kuat dan atap convertible membuat mereka cocok untuk pengiriman berbagai jenis produk.

Swap bodies adalah kontainer tukar yang digunakan untuk jalan dan rel. Mereka umumnya digunakan di Eropa. Swap bodies memiliki atap convertible, yang membuat mereka cocok untuk pengiriman berbagai barang. Karena Swap bodies tidak memiliki kelengkapan sudut atas dan tidak stackable, mereka dibatasi untuk transportasi darat saja.

17. High Cube Container (17 Jenis-Jenis Kontainer dan Kegunaannya serta Gambarnya!)

Container-High-Cube - jenis-jenis kontainer dan kegunaannya dengan dilengkapi gambar

High Cube Container yang mirip dengan struktur General Purpose Container, tetapi lebih tinggi sekitar 1 kaki (1 foot). Kontainer ini tersedia dalam ukuran 40 ft dan kadang-kadang 45 ft , dan digunakan dalam kasus di mana kapasitas volume yang sedikit lebih besar diperlukan.

Kebanyakan High Cube Container memiliki bagian khusus di lantai di ujung depan ke pusat wadah pada apa yang disebut chassis gooseneck, yang memungkinkan untuk barang tergeletak/berbaring rendah dan menjadi konstruksi lebih tinggi.

Post a Comment